ranimaghfirani

Berusaha menjadi yang terbaik

My Party

Haii kaliaaaannn…

Jujur gue udah hampir 2 tahun kaliya ga ngepost dan ga ngurusin blog ini lagi. Nah kali ini gue pengen bagibagi cerita saat gue dapet surprise birthday gue. Walaupun udah lama si gue birthdaynya tapi gapapa lah ya

Pokoknya gue ultah bulan maret. Lagi hari libur dan gue lagi belajar bareng buat UAS kelas 10 semester 2. Ada gue miftah sama nafa lagi belajar bareng dikamar gue, tibatiba gue ketiduran karena ada efek sepoi sepoi angin gitoooooo.. gue tidur ada kaliya 2 jam. nah saat gue bangun tibatiba temen-temen gue bawa blackforest dan bertuliskan “HBD mahar :)” jujur gue baru dapet namanya cake birthday kayak gituan. Ya saat itu gue salting banget kaaann.. disitu ada jijah, nafa, pipah, icha, miftah, riha, ayu kayaknya cuma mereka doang. Tapi gue udah lebih dari seneng. Thanks semuanya:* muchlove from me ({})

Ini cakenya

proxy_005

Share this Music

videokeman mp3
What Makes You Beautiful – One Direction Song Lyrics

Lirik Lagu Takut – Blink

Aku juga ingin jatuh cinta
Seperti yang lainnya
Kini saatnya untuk jatuh cinta
Karna dia nyatakan cinta

Tapi Kutakut-takut jatuh cinta
Takut-takut patah hatinya
Takut-takut jadi gila
Karena cinta

Takut-takut jatuh cinta
Takut-takut patah hatinya
Takut-takut jadi gila
Karena cinta

Namun bimbang kini yang kurasa
Akankah dia trus setia
Atau hanya untuk sementara
Membuat Aku Kecewa

Tapi Ku takut-takut jatuh cinta
Takut-takut patah hatinya
Takut-takut jadi gila
Karena cinta

kut-takut jatuh cinta
Takut-takut patah hatinya
Takut-takut jadi gila
Karena cinta

 

Fottooo terbarruuu Blink

 

 


 

 

 

Lirik Lagu Andaikan-Blink

Teman2 aku nge post lagi nihh… udah lama ga nge post lagi fokus buat US dan sekarang US udah kelar dan tinggal UN aja. Wish me luck. Nahh… aku mau nge post supaya ke boringan aku gara2 liat buku mulu tiap hari, mau nge post tentang BLINK. Blink udah punya single baru lagi setelah lagu “About You” yaitu lagu “Belahan Jiwa”, biasanya kan blink single nya yg nge hitz gitu nah kalau yg baru ini nyelow dan bikin galau. Hahaha… Lagu belahan jiwa yg nyiptain personil blink sendiri loooo… yaitu Ify. Ify bener2 berbakat kalau dalam bidang musik, buktinya bisa bikin lagu sendiri. Pokoknya bagi aku Blink paling keren dan kreatif dibandingkan Girlband lainnya.

Ini aku kasih lirik lagu Belahan Jiwa

Check it out

 

setiap waktu memikirkan mu ..
Ku katakan pada bayangmu ..
Sampai kapan ku harus menunggu mu jatuh cinta…

rasa ini terus mengganggu ..
ku tak sabar ingin bertemu ..
Berapa lama lagi menantikan kata cinta …

Reff :
Andaikan dia tau apa yang kurasa, resah tak menentu mendaba cintamu ..

Andaikan dia rasa hati yang mencinta, ku yakini kau belahan jiwa ..

Kuharap dia mau membalas cintakuuu …..

 

Ga lengkap kalau ga ditambah sama foto-foto terbaru Blink

Let’s check it out

 

 

Lirik Lagu Putih Abu-Abu BLINK

*Aku tak mau bertemu

kamu yg selalu menggangguku

buat hariku tak menentu

aku benci kamu

Namun hatiku jadi rindu

ingat kelakuan nakalmu

kini semua terasa lucu aku rindu kamu

dagdigdug hatiku (dagdigdug) 3x

Wacacaw…..

Cinta cinta cinta datang padaku

malu malu malu ku akui itu

tapi tapi kamu tlah menawan hatiku

cintaku bersemi di putih abu-abu

waw waw waw waw waw.. aw aw..

waw waw waw waw waw.. aw aw..

Back to *

Ini ada foto BLINK yg make baju seragam putih abu abu dan yg dipake di sinetron Putih Abu2

Lirik Lagu About You-BLINK

Bodoh nya aku ternyata aku senyam senyum tak menentu (prissy)
Tak sadar diriku ternyata aku sedang melamunkan dirimu (shilla)
Mengapa kamu selalu saja kamu penuhi otak ku (ify)
Karena kamu selalu saja kamu menjajah hati ku (febby)
Kamu kamu kamu lagi..
… Oh Tuhan tolong lah….

Stop thinking about
Can stop talking about
Can stop dreaming about you ( about you,about you,about you)
Stop thinking about
Can Stop talking about
Can Stop dreaming about you ( about you,about you,about you)

Mengapa kamu selalu saja kamu penuhi otak ku
Karena kamu selalu saja kamu menjajah hati ku
Kamu kamu kamu lagi..
Oh Tuhan tolong lah….

Stop thinking about you
Stop talking about you
Stop dreaming about you ( about you,about you,about you)
Stop thinking about you
Stop talking about You

Stop dreaming about you

Kamu….(Kamu) Kamu (Kamu) dan kamu…….. u…uu (kamu kamu lagi)
Kamu….(Kamu) Kamu (Kamu) dan kamu…….. u…uu (kamu kamu lagi) dan kamu lagi…..

Stop thinking about
Can Stop talking about
Can Stop dreaming about you ( about you,about you,about you)
Can Stop thinking about
Can Stop talking about
Can Stop dreaming about you ( about you,about you,about you)

Mengapa kamu selalu saja kamu penuhi otak ku (ify)
Karena kamu selalu saja kamu menjajah hati ku (febby)
Kamu kamu kamu lagi..
… Oh Tuhan tolong lah….

Stop thinking about
Can stop talking about
Can stop dreaming about you ( about you,about you,about you)
Stop thinking about
Can Stop talking about
Can Stop dreaming about you ( about you,about you,about you)

Mengapa kamu selalu saja kamu penuhi otak ku
Karena kamu selalu saja kamu menjajah hati ku
Kamu kamu kamu lagi..
Oh Tuhan tolong lah….

Stop thinking about you
Stop talking about you
Stop dreaming about you ( about you,about you,about you)
Stop thinking about you
Stop talking about You

Stop dreaming about you

Kamu….(Kamu) Kamu (Kamu) dan kamu…….. u…uu (kamu kamu lagi)
Kamu….(Kamu) Kamu (Kamu) dan kamu…….. u…uu (kamu kamu lagi) dan kamu lagi…..

Stop thinking about
Can Stop talking about
Can Stop dreaming about you ( about you,about you,about you)
Can Stop thinking about
Can Stop talking about
Can Stop dreaming about you ( about you,about you,about you)

You.. you..
thinking about you
thinking about
thiking about you
Its so About You………..

Ini ada beberapa foto Member BLINK

Ini BLINK pas di majalah high and teen. Gaya nya beda banget

Ini kafeb @FebbyBlink @Febbrastanty

Ini Shilla @AshillaBlink @ashillazhrtiara

Ini Ify @Ify_blink @ifyalyssa

Ini Sivia @SiviaBlink @azizahsivia

Ini Pricilla @PricillaBlink @agthpricilla

Pengaruh Suasana Rumah terhadap Konsentrasi Belajar Anak

Nahh… kalau sekarang aku mau nge post karya tulis ilmiah aku. KTI ini lebih sulit dari makalah karena harus ada percobaan (eksperimen). aaku sih percobaan nya dengan cara Quisioner. bagi2 quisioner nya ke siswa-siswi SMPIT Mentari Ilmu. aku sempet pusing karena sempet ganti judul. dan yg agak kesel juga ternyata anak kelas 8 yg sekarang ga bikin KTI, makalah aja ga bikin. bener2 ya angkatan pertama special bangggeeettt…. dan untung nya kelas 9 ga ada presentasi nya. unttuuunngggggggg…

nah… aku kasih nih hasil KTI aku… annccuurrrrrr

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Daaaaaaaaaaaaannnnn ternyata teman2 setelah aku cari document KTI aku ternyata ga ada di laptop aku dan flashdisk. yahhh… sayang sekali pemirsa. document penting bannggeett tuhh.. hahahha buat kenang2an…

 

Hehehe sorry yaaa… hehehehe

Persebaran Agama Islam di Indonesia

Halloooooooo teman2 ketemu lagi. udah lama ga nge post soalnya mau fokus UN jadi ga ke internet dulu. nah… sekarang aku mau nge post hasil makalah aku aku pas kelas 7. aku pas waktu itu bener2 polos dan ga tau makalah. aneh nya itu kenapa adek kelas aku ga ngerasain apa yg aku dan teman2 rasain-______-. sabar bangeeeetttttttt…………..

 

oke nih aku kasih hasil makalah aku. makalah ini copas dari buku dan internet. maaf kalau jelek dan agak ancur

 

BAB I

PENDAHULUAN

 

1.1 LATAR BELAKANG

Agama islam menyebar ke Indonesia sangat pesat melalui berdagang. Penulis tertarik pada judul “Persebaran Agama Islam di Indonesia“ untuk menjadi judul penulisan makalah yang sebagai syarat kenaikan kelas.

Oleh karena itu penulis membuat makalah ini dengan alasan supaya pembaca dan penulis mengetahui agama islam datang ke Indonesia yang bertujuan supaya agama islam berada di Indonesia dan mencari umat supaya masuk agama islam

 

1.2 TUJUAN

Penulis membuat makalah ini bertujuan untuk memenuhi syarat kenaikan kelas yang diberikan oleh SMP-IT Mentari Ilmu dan supaya semua orang mengetahui bagaimana agama Islam datang ke Indonesia

 

    1.3 MANFAAT

  1. Bagi penulis : Mengetahui sejarah Islam
  2. Bagi pembaca : Mendapatkan wawasan yang lebih luas.
  3. Bagi Instansi sekolah : Sebagai referensi bagi siswa dan guru.

 

 

 

 

 

 

 

BAB II

TINJAUAN PUSTAKA

2.1 PERIODESASI PERKEMBANGAN PERADABAN ISLAM

Jaih Mubarok menulis secara tegas bahwa setiap periode itu dinamakan peradaban. Periode peradaban Islam terbagi pada enam periode, yaitu sebagai berikut :

  1. Peradaban Islam pada zaman Nabi Muhammad SAW. (610-632 M,);
  2. Peradaban Islam pada zaman Al-Khulafa Ar-Rasyidun (632-661 M.);
  3. Peradaban Islam pada zaman Umayah di Siria (661-689 M.);
  4. Peradaban Islam pada zaman Dinasti Abbasiyah (133-656 H./750-1258 M.);
  5. Peradaban tiga kerajaan besar Islam :
    1. Turki Utsmani (1300-1922 M.) hingga Mustafa Kemal;
    2. Dinasti Syafawi ( 1501-1732 M.) di Persia hingga Khumaini;
    3. Dinasti Mughal di India hingga terbentuknya Pakistan-Bangladesh.
    4. Peradaban Islam di Asia Tenggara.

Berbeda dengan semua pakar di atas, Ahmad Al-Usairy membagi sejarah Islam secara komprehensif. Ia menjelaskan bahwa sejarah Islam telah ada sejak zaman Nabi Adam sampai abad 20. Urutan peradaban Islam dalam pandangan Al-Usairy, sebagai berikut.

  1. Peradaban pertama telah dimulai sejak peradaban Firaun dan Sumeria sebagaimana dikutip dari H.J. Wills dalam Short History of the World.
  2. Peradaban Kaldaniyah yang dimulai dari Nabi Nuh a.s. sampai Nabi Yunus a.s.;
  3. Peradaban ini dimulai dari nabi-nabi di negeri Syam; sejak Nabi Ibrahim a.s. sampai Nabi Yusuf a.s.;
  4. Peradaban pada nabi-nabi di Mesir sampai pada Firaun;
  5. Peradaban pra-Islam (Jazirah Arab)

Peradaban arab adalah akibat pengaruh dari budaya bangsa-bansa di sekitarnya yang lebih dahulu maju dari pada kebudayaan dan peradaban Arab. Pengaruh tersebut masuk ke Jazirah Arab melalui beberapa jalur ; yang terpenting diantaranya adalah:

1) melalui hubungan dagang dengan bangsa lain;

2) melalui kerajaan-kerajaan protektorat , Hirah, dan Ghassan; dan

3) masuknya misi Yahudi dan Kristen

  1. Peradaban zaman Rasulullah SAW. (570-632 M.);

Peradaban atau kebudayaan pada masa Rasulullah SAW. Yang paling dahsyat adalah perubahan sosial. Suatu perubahan mendasar dari masa kebobrokan moral menuju moralitas yang beradab. Dalam tulisan Ahmad Al-Husairy, diuraikan bahwa peradaban pada masa Nabi dilandasi dengan asas-asas yang diciptakan sendiri oleh Muhammad di bawah bimbingan wahyu.

  1. Peradaban pada masa Khulafaur Rasyidin (632-661M.);
  2. Peradaban pada masa Bani Umawiyah (661-749 M.);
  3. Peradaban pada masa Bani Abbasiyah (749-1200 M.);
  4. Peradaban pada masa PemerintahanMamluk (1250-1517 M.);
  5. Peradaban pada masa Utsmani dan Modern (1517-1923 M.);
  6. Peradaban pada masa dunia Islam (1420 H./2000 M).

Untuk kepentingan analisis, periodesasi sejarah Islam yang digunakan dalam makalah ini adalah periodesasi yang disepakati oleh para pakar Islam pada umumnya, yaitu sejarah Islam pada periode klasik, pertengahan, dan modern

 

 

 

 

2.2 SEBELUM KEMERDEKAAN

Islam masuk ke Indonesia pada abad pertama hijriyah atau abad ke tujuh sampai abad ke delapanmasehi. Ini mungkin didasarkan kepada penemuan batu nisan seorang wanita muslimah yang bernama Fatimah binti Maimun dileran dekat Surabaya bertahun 475 H atau 1082 M. Sedang menurut laporan seorang musafir Maroko Ibnu Batutah yang mengunjungi Samudera Pasai dalam perjalanannya ke negeri Cina pada tahun 1345 M. Agama islam yang bermahzab Syafi’I telah mantap disana selama se abad, oleh karena itu berdasarkan bukti ini abad ke XIII di anggap sebagai awal masuknya agama islam ke Indonesia.

Apalagi setelah kedatangan Snouck Hurgronye yang ditugasi menjadi penasehat urusan Pribumi dan Arab, pemerintahan Belanda lebih berani membuat kebijaksanaan mengenai masalah islam di Indonesia, karena Snouck mempunyai pengalaman dalam penelitian lapangan di negeri Arab, Jawa, dan Aceh. Lalu ia mengemukakan gagasannya yang dikenal dengan politik islamnya. Dengan politik itu, ia membagi masalah islam dalam tiga kategori :

  1. a.    Bidang agama murni atau ibadah

Pemerintahan kolonial memberikan kemerdekaan kepada umat islam untuk melaksanakan agamanya sepanjang tidak mengganggu kekuasaan pemerintah Belanda.

  1. b.    Bidang sosial kemasyarakatan

Hukum islam baru bisa diberlakukan apabila tidak bertentangan dengan adapt kebiasaan.

  1. c.    Bidang politik

Orang islam dilarang membahas hukum islam, baik Al-Qur’an maupun Sunnah yang menerangkan tentang politik kenegaraan dan ketata negaraan.

.

 

2.3 PASCA KEMERDEKAAN

Organisasi-organisasi yang muncul pada masa sebelum kemerdekaan masih tetap berkembang di masa kemerdekaan, seperti Muhammadiyah, Nadhatul Ulama, Masyumi dan lain lain. Namun ada gerakan-gerakan islam yang muncul sesudah tahun 1945 sampai akhir Orde Lama. Gerakan ini adalah DI/TII yang berusaha dengan kekerasan untuk merealisasikan cita-cita negara islam Indonesia.

Gerakan kekerasan yang bernada islam ini terjadi diberbagai daerah di Indonesia diantaranya :

- Di Jawa Barat, pada tahun 1949 – 1962

- Di Jawa Tengah, pada tahun 1965

- Di Sulawesi, berakhir pada tahun 1965

- Di Kalimantan, berakhir pada tahun 1963

- Dan di Aceh, pada tahun 1953 yang berakhir dengan kompromi pada

 

 

BAB III

PEMBAHASAN

Indonesia merupakan negara Muslim terbesar di seluruh dunia. Meskipun 88% penduduknya beragama Islam, Indonesia bukanlah negara Islam. Muslim di Indonesia juga dikenal dengan sifatnya yang moderat dan toleran.

3.1 PERSEBARAN ISLAM DI INDONESIA

 

Penyebaran Islam (1200 – 1600) Berbagai teori perihal masuknya Islam ke Indonesia terus muncul sampai saat ini. Fokus diskusi mengenai kedatangan Islam di Indonesia sejauh ini berkisar pada tiga tema utama, yakni tempat asal kedatangannya, para pembawanya, dan waktu kedatangannya. Mengenai tempat asal kedatangan Islam yang menyentuh Indonesia, di kalangan para sejarawan terdapat beberapa pendapat. Ahmad Mansur Suryanegara mengikhtisarkannya menjadi tiga teori besar. Pertama, teori Gujarat, India. Islam dipercayai datang dari wilayah Gujarat – India melalui peran para pedagang India muslim pada sekitar abad ke-13 M. Kedua, teori Makkah. Islam dipercaya tiba di Indonesia langsung dari Timur Tengah melalui jasa para pedagang Arab muslim sekitar abad ke-7 M. Ketiga, teori Persia. Islam tiba di Indonesia melalui peran para pedagang asal Persia yang dalam perjalanannya singgah ke Gujarat sebelum ke nusantara sekitar abad ke-13 M.[1]. Melalui Kesultanan Tidore yang juga menguasai Tanah Papua, sejak abad ke-17, jangkauan terjauh penyebaran Islam sudah mencapai Semenanjung Onin di Kabupaten Fakfak, Papua Barat.Alasan islam datang ke Indonesia untuk menyebarkan agama islam di Indonesia,islam datang ke Indonesia dengan cara berdagang.

A. Masa kolonial

Pada abad ke-17 masehi atau tahun 1601 kerajaan Hindia Belanda datang ke Nusantara untuk berdagang, namun pada perkembangan selanjutnya mereka menjajah daerah ini. Belanda datang ke Indonesia dengan kamar dagangnya, VOC, sejak itu hampir seluruh wilayah Nusantara dikuasainya kecuali Aceh. Saat itu antara kerajaan-kerajaan Islam di Nusantara belum sempat membentuk aliansi atau kerja sama. Hal ini yang menyebabkan proses penyebaran dakwah terpotong.
Politik devide et impera, yang pada kenyataannya memecah-belah atau mengadu domba antara kekuatan ulama dengan adat, contohnya perang Padri di Sumatera Barat dan perang Diponegoro di Jawa.

Mendatangkan Prof. Dr. Snouk Cristian Hourgonye alias Abdul Gafar, seorang Guru Besar ke-Indonesiaan di Universitas Hindia Belanda, yang juga seorang orientalis yang pernah mempelajari Islam di Mekkah. Dia berpendapat agar pemerintahan Belanda membiarkan umat Islam hanya melakukan ibadah mahdhoh (khusus) dan dilarang berbicara atau sampai melakukan politik praktis. Gagasan tersebut dijalani oleh pemerintahan Belanda dan salah satunya adalah pembatasan terhadap kaum muslimin yang akan melakukan ibadah Haji, karena pada saat itulah terjadi pematangan pejuangan terhadap penjajahan.

B. Masa kemerdekaan

Sebagian besar ummat Islam di Indonesia berada di wilayah Indonesia bagian Barat, seperti di pulau Sumatera, Jawa, Madura dan Kalimantan. Sedangkan untuk wilayah Timur, penduduk Muslim banyak yang menetap di wilayah Sulawesi, Nusa Tenggara Barat, dan Maluku Utara dan enklave tertentu di Indonesia Timur seperti Kabupaten Alor, Fakfak, Haruku, Banda, Tual dan lain-lain.

Pengadaan transmigrasi dari Jawa dan Madura yang secara besar-besaran dilakukan oleh pemerintahan Suharto selama tiga dekade ke wilayah Timur Indonesia telah menyebabkan bertambahnya jumlah penduduk Muslim disana. Untuk pertamakalinya, pada tahun 1990an ummat Kristen menjadi minoritas di Maluku. Kebijakan transmigrasi ini, yang telah melebarkan kesenjangan sosial dan ekonomi, mengakibatkan sejumlah konflik di Maluku, Sulawesi Tengah, dan sebagian wilayah Papua.

3.2 ARSITEKTUR

Islam sangat banyak berpengaruh terhadap arsitektur bangunan di Indonesia. Rumah Betawi salah satunya, adalah bentuk arsitektur bangunan yang banyak dipengaruhi oleh corak Islam. Pada salah satu forum tanya jawab di situs Era Muslim,disebutkan bahwa Rumah Betawi yang memiliki teras lebar, dan ada bale-bale untuk tempat berkumpul, adalah salah satu ciri arsitektur peradaban Islam di Indonesia.

Masjid adalah tempat ibadah Muslim yang dapat dijumpai diberbagai tempat di Indonesia. Menurut data Lembaga Ta’mir Masjid Indonesia, saat ini terdapat 125 ribu[4] masjid yang dikelola oleh lembaga tersebut, sedangkan jumlah secara keseluruhan berdasarkan data Departemen Agama tahun 2004, jumlah masjid di Indonesia sebanyak 643.834 buah, jumlah ini meningkat dari data tahun 1977 yang sebanyak 392.044 buah. Diperkirakan, jumlah masjid dan mushala di Indonesia saat ini antara 600-800 ribu buah.

3.3 PENDIDIKAN

Pelajar Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Kecamatan Gambut, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan. Gambar diambil akhir Januari 2006.
Pesantren adalah salah satu sistem pendidikan Islam yang ada di Indonesia dengan ciri yang khas dan unik, juga dianggap sebagai sistem pendididikan paling tua di Indonesia.Selain itu, dalam pendidikan Islam di Indonesia juga dikenal adanya Madrasah Ibtidaiyah (dasar), Madrasah Tsanawiyah (lanjutan), dan Madrasah Aliyah (menengah). Untuk tingkat universitas Islam di Indonesia juga kian maju seiring dengan perkembangan zaman, hal ini dapat dilihat dari terus beragamnya universitas Islam. Hampir disetiap provinsi di Indonesia dapat dijumpai Institut Agama Islam Negeri serta beberapa universitas Islam lainnya.

 

3.4 ORGANISASI

Terdapat beberapa organisasi Islam di Indonesia, diantaranya adalah Nahdlatul Ulama (NU), Muhammadiyah, dan Jaringan Islam Liberal. NU merupakan organisasi Islam terbesar di Indonesia dengan anggota sekitar 35 juta. NU seringkali dikategorikan sebagai Islam traditional, salah satunya karena sistem pendidikan pesantrennya. Muhammadiyah merupakan organisasi Islam terbesar kedua, dengan anggotanya yang sekitar 30 juta. Muhammadiyah memiliki ribuan sekolah, universitas, dan lembaga pendidikan tinggi serta ratusan rumah sakit di seluruh Indonesia. Sedangkan Islam liberal merupakan gerakan keagamaan yang menekankan pada pemahaman Islam yang terbuka, toleran, inklusif, dan kontekstual. Di Indonesia, penyebaran Islam liberal telah berlangsung sejak awal tahun 1970-an, dengan tokohnya Nurcholis Madjid (Cak Nur). Meskipun belum dikenal sebagai Islam liberal, pemikiran-pemikiran Cak Nur yang sering disebut sebagai pemikiran neomodernisme Islam, menjadi dasar dari pengembangan Islam liberal dewasa ini. Sejak tahun 2001, sejumlah aktivis dan intelektual muda Islam memulai penyebaran gagasan Islam liberal secara lebih terorganisir. Mereka ini kemudian mendirikan Jaringan Islam Liberal.

3.5 POLITIK

Dengan mayoritas berpenduduk Muslim, politik di Indonesia tidak terlepas dari pengaruh dan peranan ummat Islam. Walau demikian, Indonesia bukanlah negara yang berasaskan Islam, namun ada beberapa daerah yang diberikan keistimewaan untuk menerapkan syariat Islam, seperti Nanggroe Aceh Darussalam.

Seiring dengan reformasi 1998, di Indonesia jumlah partai politik Islam kian bertambah. Bila sebelumnya hanya ada satu partai politik Islam, yakni Partai Persatuan Pembangunan-akibat adanya kebijakan pemerintah yang membatasi jumlah partai politik, pada pemilu 2004 terdapat enam partai politik yang berasaskan Islam, yaitu Partai Persatuan Pembangunan, Partai Keadilan Sejahtera, Partai Bintang Reformasi, Partai Amanat Nasional, Partai Kebangkitan Bangsa dan Partai Bulan Bintang.

 

3.6 ORGANISASI-ORGANISASI ISLAM DI INDONESIA

Di Indonesia ada banyak sekali organisasi sosial dan keagamaan Islam. Dari sekian banyak organisasi tersebut, Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah adalah organisasi-organisasi yang paling besar.

A. Nahdlatul Ulama

Nahdlatul Ulama (NU) merupakan organisasi Islam terbesar di Indonesia dengan anggota sekitar 35 juta. NU seringkali dikategorikan sebagai Islam traditionalis, salah satunya karena sistem pendidikan pesantrennya. Pesantren adalah sekolah agama Islam yang dikelola oleh para kiai NU, dan biasanya menyediakan penginapan bagi murid-muridnya. Pesantren pada umumnya mengajarkan cara membaca dan menulis Al-Quran dalam bahasa Arab, menghapal ayat-ayat suci Al-Quran, pelajaran agama Islam lainnya, dan juga ilmu dan pengetahuan umum.

B. Muhammadiyah

Muhammadiyah merupakan organisasi Islam terbesar kedua di Indonesia, dengan keanggotaannya sekitar 30 juta. Seringkali dikategorikan sebagai Islam modernis, Muhammadiyah memiliki ribuan sekolah, universitas, dan lembaga pendidikan tinggi serta ratusan rumah sakit di seluruh Indonesia.

3.7 ISLAM LIBERAL DI INDONESIA

Islam liberal merupakan gerakan keagamaan yang menekankan pada pemahaman Islam yang terbuka, toleran, inklusif, dan kontekstual. Di Indonesia, penyebaran Islam liberal telah berlangsung sejak awal tahun 1970-an, dengan tokohnya Nurcholish Madjid (Cak Nur). Meskipun belum dikenal sebagai Islam liberal, pemikiran-pemikiran Cak Nur yang sering disebut sebagai pemikiran neomodernisme Islam, menjadi dasar dari pengembangan Islam liberal dewasa ini. Sejak tahun 2001, sejumlah aktivis dan intelektual muda Islam memulai penyebaran gagasan Islam liberal secara lebih terorganisir. Mereka ini kemudian mendirikan Jaringan Islam Liberal.

BAB IV

PENUTUP

 

4.1 KESIMPULAN

 

Periode peradaban Islam terbagi pada enam periode, yaitu sebagai berikut:

  1. Peradaban Islam pada zaman Nabi Muhammad SAW. (610-632 M,);
  2. Peradaban Islam pada zaman Al-Khulafa Ar-Rasyidun (632-661 M.);
  3. Peradaban Islam pada zaman Umayah di Siria (661-689 M.);
  4. Peradaban Islam pada zaman Dinasti Abbasiyah (133-656 H./750-1258 M.);
  5. Peradaban tiga kerajaan besar Islam :
    1. Turki Utsmani (1300-1922 M.) hingga Mustafa Kemal;
    2. Dinasti Syafawi ( 1501-1732 M.) di Persia hingga Khumaini;
    3. Dinasti Mughal di India hingga terbentuknya Pakistan-Bangladesh.
    4. 6.  Peradaban Islam di Asia Tenggara.

 

4.2 SARAN

 

Sebagai umat Islam kita harus mempelajari sejarah persebaran Islam, agar menambah pengetahuan kita tentang sejarah islam pada masa terdahulu.

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR PUSTAKA

 

Spistai.blogspot.com/…/Sejarah-Peradaban-Islam-di-Indonesia

Nanpunya.wordpress.com/…/Penyebaran-Islam-di-Indonesia/

Syalabi. Tarikh  Al-Islamiy wa Al-Hudarah Al-Islamiyy at, Terjemahan Mukhtar Yahya,

Dedi Supriyadi . Sejarah Kebudayaan Islam, Jilid I. Jakarta: Pustaka Al-Husna, 1994

 

nahh… itu hasil makalah aku yg di bikin ber bulan2. jelek? bagus? apalah terserah pendapat kalian

Keutamaan Shaum Ayyamul Bidh

Shaum Ayyamul Bidh yuk (hadits, keutamaan, dan hikmah)

 

Sahabat, tidak terasa kita sudah memasuki tengah bulan pada bulan hijriah. Bulan pun bersinar dengan terangnya dan tak lagi malu – malu menampakkan wajahnya. Bagi sebagian orang, mungkin menganggap fenomena ini adalah fenomena alam biasa dan harinya pun dilalui dengan biasa-biasa saja.  Untuk seorang peneliti fenomena pasut (pasang – surut) air laut, mungkin fenomena ini adalah salah satu dari sekian  fenomena yang akan mempengaruhi hasil penelitiannya (sekadar info, bahwa pengamatan untuk  penelitian dan pemodelan pasut air laut biasanya memakan waktu berhari – hari, bahkan bertahun – tahun lamanya).

Tapi lain halnya dengan seorang muslim, hari tersebut menjadi suatu hari yang istimewa dimana ia telah diberikan kesempatan untuk bertemu dengan suatu amal ibadah yang mendapakan tempat istimewa, dan melaksanakannya dengan sepenuh hati. Apa itu? Shaum Ayyamul bidh (terjemahan kasar: puasa hari putih/terang ).

Apa sih istimewanya?

Kenapa puasa ini begitu istimewa? Ada beberapa Alasan mengapa puasa ini terasa begitu istimewa ,antara lain:

Bahwa puasa ini memiliki ganjaran yang sangat besar di sisi Allah, sudah tentu kita sebagai umat muslim akan rugi jika melewatkannya.

Dari Abdullah bin ‘Amr, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallambersabda: “Puasalah tiga hari dari setiap bulan. Sesungguhnya amal kebajikan itu ganjarannya sepuluh kali lipat, seolah ia seperti berpuasa sepanjang masa.” (HR. Bukhari, Muslim, Abu Dawud, dan an Nasai)

Puasa ini juga puasa yang selalu dilakukan (sunah muakkad) oleh teladan terbaik kita Rasulullah Muhammad Saw, dan beliau juga mewasiatkannya kepada para sahabatnya juga umatnya:

Abu Hurairah ra. Berkata, “Teman dekatku (Nabi Muhammad saw.) berpesan tiga hal kepadaku: berpuasa tiga hari setiap bulan, dua rakaat dhuha, dan shalat witir sebelum tidur.” (Muttafaq ‘alaih)

Ibnu Abbas ra. berkata, “Rasulullah saw. tidak pernah berbuka (tidak berpuasa) pada Ayyamul-Bidh, baik di rumah maupun sedang bepergian.” (h.r. Nasa’i. Sanad hadits ini hasan)

Luar biasa? pastinya…jadi tunggu apa lagi, pasang reminder di HP dan niatkan untuk melakukan puasa ini setiap bulannya.

Kapan, nih?

Terus gimana kalau terlewat atau lupa, atau hari tersebut jatuh pada hari dimana tidak diperbolehkan puasa misalnya…dan apakah harus di tiga hari tersebut?

Mu’adzah Al-Adawiyyah menceritakan bahwa ia pernah bertanya kepada Aisyah ra., “Apakah Rasulullah saw. berpuasa tiga hari setiap bulan?” Aisyah menjawab, “Ya.” Saya bertanya, “Dari bagian bulan mana beliau berpuasa?” Aisyah menjawab, “beliau tidak peduli dari bagian mana beliau berpuasa.” (h.r. Muslim)

Imam Nawawi berpendapat bahwa tidak ada pengkhususan di hari berapa puasa sunah 3 hari setiap bulannya. Dan Yusuf Qardhawi dalam fiqh puasa juga berpendapat bahwa perbedaan hadits dalam menetapkan hari- hari puasa menunjukkan adanya toleransi. Setiap muslim boleh saja berpuasa di awal bulan, tengah bulan, atau akhir bulan, sesuai dengan kemudahan dan kesempatan yang ia miliki. Tapi kembali kata imam Nawawi, dalam hadits lain dijelaskan bahwa yang paling utamaadalah di harike -13, 14, dan 15 , seprti  dalam hadist:

Wahai Abu Dzarr, jika engkau ingin berpuasa tiga hari dari salah satu bulan, maka berpuasalah pada hari ketiga belas, empat belas, dan lima belas.” (HR. At Tirmidzi)

Nah , gak bingung lagi kan? pastinya…jadi tunggu apa lagi, pasang reminder di HP dan niatkan untuk melakukan puasa ini setiap bulannya.

Hikmah

Wah kalau kita berbicara tentang hikmah pasti akan sangat banyak sekali hikmahnya. Apalagi suatu amalan yang memiliki ganjaran dan keistimewaan seperti ini. Gak akan sampai rasanya pikiran kita untuk melihat hikmahnya satu-persatu.

Salah satu hikmahnya adalah datang dari penelitian fenomenal seorang Psikolog dari Amerika Serikat bernama Arnold Lieber pada tahun 70-an. Bahwa perilaku manusia pada saat bulan purnama akan berubah menjadi  lebih buruk daripada biasanya. Terlepas dari segala kontroversi dan benar atau tidaknya penelitian tersebut. (kalau saya tidak salah baca di sini dan di sini sih masih diperdebatkan  kebenaran dan keabsahan penelitian itu).  Ketika ilmu sains modern mengungkapkan adanya kelabilan emosi manusia saat bulan purnama, Islam telah menganjurkan untuk melaksanakan puasa tepat saat munculnya sang bulan purnama. Islam telah memberi jalan pada umatnya agar tidak terkena pengaruh kelabilan emosi yang terjadi pada tanggal tersebut. Rasulullah menganjurkan kita berpuasa, agar hati kita selalu terjaga dari amarah, nafsu, dan segala sifat buruk lain yang cendrung lebih meluap pada saat itu dibanding saat-saat lainnya. Dengan kata lain Puasa yang umat muslim kenal sebagai pengendali hawa nafsu dan syahwat ini, seakan ditempatkan begitu pas pada saat potensi berbuat keburukan sedang dalam potensi tertingginya.Kebetulan? Pastinya enggak dong.

Luar biasa? pastinya…jadi tunggu apa lagi, pasang reminder di HP dan niatkan untuk melakukan puasa ini setiap bulannya. (haha…pasti bosen sama reminder ini, tenang…kesalah bukan pada mata anda.., emang sengaja kok)

Semoga bermanfaat dan bisa menjadi motivasi kita dalam beramal..Amiin.

Wallahu A’lam Bishawab.

.

Sumber:
-Buku Fiqh Puasa-Ust Yusuf Qardhawi
-Syarah Riyadushshalihin – Imam Nawawi
-http://www.associatedcontent.com/article/612189/does_a_full_moon_influence_human_behavior.html?cat=58
-http://abcnews.go.com/TheLaw/bad-moon-rising-myth-full-moon/story?id=3426758&page=3
-http://nandahanyfa.blogspot.com/2010/03/rahasia-ayyamul-bidh.html

11 Masjid Terindah Di Dunia

Jakarta – Ada banyak masjid yang dibangun di berbagai belahan dunia. Mulai dari masjid yang kecil, sederhana, besar sampai megah. Masing-masing punya keistimewaan dan keindahan tersendiri.

Namun dari semua masjid, ada beberapa yang dianggap paling megah dan memiliki sejarah menarik tersendiri. Berikut ini 11 masjid terindah di dunia seperti dikutip dari Most Interesting Facts dan Latest Top Ten.

 

1. Masjid Sultan, Singapura

Masjid Sultan terletak di Muscat Street dan North Bridge Road, Distrik Kampung Glam Rochor, Singapura. Dikutip dari Most Interesting Facts, masjid ini diketahui sebagai salah satu tempat ibadah utama umat Muslim di Negeri Singa. Sejak didirikan, hanya ada sedikit pengembangan di Masjid Sultan yaitu di hall utama pada 1960 dan dibangun ruang tambahan pada 1993. Rasanya memang tidak perlu terlalu banyak perubahan pada masjid yang menjadi monumen nasional pada 14 Maret 1975 ini, karena bangunannya yang sudah kokoh, indah dan cukup megah.

 

2. Masjid Baiturrahman, Banda Aceh, Indonesia

Masjid kebanggaan masyarakat Indonesia, khususnya Aceh ini merupakan salah satu bangunan yang masih berdiri kokoh pasca diterjang tsunami 26 Desember 2004 silam. Salah satu masjid terindah di Indonesia dan dunia ini awalnya dibangun khusus untuk Kesultanan Aceh. Keistimewaan masjid ini terdapat pada keindahan bentuk, ukiran-ukiran atraktif dan halaman yang sangat luas. Banyak orang yang pernah berkunjung, mengaku merasakan hawa kesejukan saat berada di dalam masjid ini.

 

3. Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin, Brunei Darussalam

Masjid ini dibangun untuk Kesultanan Brunei yang berlokasi di Bandar Seri Begawan, ibukota Brunei. Masjid ini termasuk salah satu yang paling spektakuler di Asia Pasifik, dan menjadi daya tarik utama bagi para turis. Masjid Omar Ali Saifuddin juga dianggap para masyarakat Brunei sebagai simbol keagungan negara mereka.

 

 

 

 

 

4. Masjid Zahir, Kedah, Malaysia

Masjid Zahir dibangun pada 1912 oleh Tunku Mahmud, putra Sultan Tajuddin Mukarram Shah. Tujuan pembangunan masjid ini dimaksudkan sebagai makam para prajurit Kedah yang gugur saat mempertahankan Kedah dari perebutan Siam pada 1821. Arsitektur masjid ini terinspirasi dari Masjid Azizi di Kota Langkat, Sumatera Utara, Indonesia. Ciri khas masjid ini adalah adanya lima kubah yang menyimbolkan lima rukun Islam.

 

 

 

5. Masjid Sultan Ahmet, Turki

Tempat ibadah yang juga dikenal dengan Masjid Biru ini memiliki enam menara. Kerumitan arsitektur menjadi daya tarik masjid yang terletak di Istanbul, Turki ini. Disebut Masjid Biru, karena pada sore menjelang malam, bagian atas setiap menara dan kubah-kubah menjadi berwarna kebiruan. Bukan itu saja, interior masjid ini juga dihiasi ubin-ubin warna biru yang sangat indah.

 

 

 

6. Masjid Badshahi, Delhi, India

Dalam bahasa Inggris, Badshahi berarti masjid kepunyaan raja. Dilansir Latest Top Ten, eksterior masjid yang dibangun pada masa Kesultanan Mughal ini, seluruhnya terbuat dari batu pasir merah; kecuali tiga kubah bulat, serta lengkungan kubah dari menara yang berbentuk segi delapan –terbuat dari batu marmer. Masjid yang terletak di Delhi ini, memiliki halaman yang disebut-sebut paling luas di antara masjid yang pernah dibangun di dunia. Bisa dibilang, masjid ini menjadi saksi kemegahan dan kejayaan Kerajaan Mughal pada abad 17.

 

7. Masjid Faisal, Islamabad, Pakistan

Masjid Faisal terletak di sebelah paling utara Islamabad, ibukota Pakistan. Namanya diambil dari nama pendirinya, Raja Faisal Bin Abdul Aziz dan ditetapkan sebagai Masjid Nasional Pakistan. Tidak seperti masjid di Asia pada umumnya, Masjid Faisal tidak memiliki kubah maupun arca. Bentuknya yang tidak biasa, terinspirasi dari tenda yang didirikan salah satu suku Arab, Bedouin. Ruang salat utama berbentuk seperti segitiga besar dan menara dibuat meruncing ke atas. Sedikit dipengaruhi oleh gaya bangunan Turki, Masjid Faisal termasuk salah satu gambaran masjid dengan desain arsitektur kontemporer.

 

8. Masjid Istiqlal, Jakarta, Indonesia

Dalam bahasa Arab, Istiqlal mengandung arti merdeka, karena memang dibangun sebagai perayaan dan sekaligus memperingati kemerdekaan Indonesia dari jajahan kolonial Belanda. Tempat ibadah ini didominasi susunan balok-balok yang terinspirasi dari gaya bangunan Soviet. Ruang salat utama berbentuk bujur sangkar dengan 12 pilar besar. Pilar ini sebagai penyangga kubah utama dengan diameter hingga 45 meter. Bentuknya yang sangat ikonik, merupakan situs sejarah yang patut dipertahankan.

 

 

9. Masjid Al Aqsa, Jerusalem, Israel/Palestina

Masjid Al Aqsa merupakan tempat suci agama Islam di Kota Tua Yerusalem. Masjid ini dianggap sebagai tempat suci ketiga oleh umat Islam. Muslim percaya bahwa Nabi Muhammad diangkat ke Sidratul Muntaha dari tempat ini setelah sebelumnya dibawa dari Masjid Al-Haram di Mekkah ke Al-Aqsa dalam peristiwa Isra’ Mi’raj. Salah satu ciri khas Masjid Al Aqsa adalah kubah berwarna abu-abu yang terlihat menonjol.

 

10.Masjid Al Nabawi, Madinah, Saudi Arabia

Tempat ini merupakan tempat suci ketiga dalam Islam, dan masjid terbesar kedua setelah Masjid Al Haram di Mekkah. Salah satu tempat terpenting di masjid ini adalah The Green Dome, atau Kubah Hijau (bagian tengah masjid); di mana makam Nabi Muhammad berada. Al Nabawi memiliki 10 menara, dengan tinggi masing-masing mencapai 105 meter.

 

 

11. Masjid Al Haram, Mekah, Saudi Arabia

Inilah masjid terbesar dan tersuci di dunia; memiliki 9 menara dan telah mengalami beberapa kali renovasi serta penambahan bangunan. Di sinilah terdapat Ka’bah, tempat paling suci bagi umat Islam. Setiap tahunnya, lebih dari satu juta peziarah datang ke sini untuk menunaikan ibadah Haji. Umat Islam percaya, Ka’bah merupakan bangunan pertama yang didirikan di bumi oleh Nabi Adam, dilanjutkan Nabi Ibrahim dan terakhir, Nabi Muhammad.

Sumber: http://www.i-dus.com/2011/08/11-masjid-terindah-di-dunia.html?utm_medium=twitter&utm_source=twitterfeed

Berburu Pahala Di Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah. Hari dan malam di bulan Ramadhan, lebih mulia dibanding hari dan malam di bulan lain. Kemuliaannya ditunjukkan dengan nama-nama tertentu yang dilekatkan pada bulan ini. Nama-nama tersebut merefleksikan kemuliaannya, di antaranya adalah :

1. Syahr Allah (Bulan Allah), karena Allah memberikan pahala yang besar bagi orang yang berbuat baik di bulan ini. Ibadah puasa pun pahalanya langsung diberikan Allah sendiri.

2. Syahr al-Quran ( bulan diturunkannya Al-Quran/ Nuzul al-Quran ).

3. Syahr al-tilawah ( bulan membaca Al-Quran ).

4. Syahr al-rahmah ( bulan kasih sayang, bulan waktu Allah melimpahkan rahmat-Nya ).

5. Syahr al-jud ( bulan kedermawanan, bulan untuk berbagi).

Pada bulan Ramadhan ini Allah SWT akan melipatgandakan pahala ibadah. Bagi ibadah sunnah, Allah akan melimpahkan pahala setara dengan ibadah wajib. Dan untuk ibadah wajib, Allah akan melipatgandakan pahalanya sebesar 70 kali lipat. Oleh karena itu, sebagian umat Muslim suka melakukan hal-hal yang dianggapnya akan memberikan limpahan pahala. Terjadilah perburuan pahala. Tentu saja kalau hal ini dilakukan sesuai dengan tuntunan Rasulullahi SAW dan secara konsisten ( istiqamah ) dilanjutkan setelah Ramadhan berlalu, akan sangat baik. Karena memang itu yang diharapkan dari ibadah bulan Ramadhan ini. Kita menjalani pelatihan dengan berbagai aktivitas keberagamaan agar setelah Ramadhan lewat kita bisa lebih bertakwa.

Perburuan pahala ini biasanya sudah diawali sejak menjelang datangnya bulan Ramadhan. Banyak orang yang sengaja meninggalkan pekerjaannya, anak-anaknya bolos sekolah, hanya untuk sesuatu yang mereka anggap sebagai suatu keharusan menjelang puasa. Mereka melakukan ziarah ke makam orang tua, atau saudaranya. Padahal ziarah kubur itu kata Nabi SAW hanya untuk mengingatkan kita kepada kematian. Kalau untuk mendoakan mereka yang sudah mendahului kita bisa dilakukan kapan pun dan di mana pun.

Ada juga sebagian orang yang sampai berani menunda membayar zakat sampai bulan Ramadhan tiba. Padahal sebelum Ramadhan sudah sampai waktunya , sudah haul . Haul adalah batas perhitungan jangka waktu pemilikan harta yang akan dikeluarkan zakatnya, dan telah mencapai waktu satu tahun Qamariyah.

Mereka menganggap kalau dibayarkan pada bulan Ramadhan akan meraup pahala berlipat ganda, padahal sudah jelas dia melalaikan kewajiban zakat itu sampai melewati waktu yang telah ditetapkan. Begitu juga infak dan sedekah sering ditangguhkan sampai Ramadhan tiba, padahal berjuta orang saudara kita hidup serba kekurangan. Dan tidak bisa menunggu. Fenomena lain yang kita lihat sejak beberapa tahun terakhir ini, masyarakat Muslim yang kebetulam memiliki kelebihan harta, sudah menjadikan ibadah umrah Ramadhan sebagai bagian dari gaya hidupnya. Yang dilihat tentu pahalanya yang berlimpah. Padahal umrah itu hukumnya sunnah. Sedangkan menyantuni saudara seiman yang kebetulan tidak seberuntung meraka adalah wajib. Mereka mengejar yang sunnah tapi mengabaikan kewajiban.

Banyak juga masyarakat Muslim yang keliru memahami hadits Nabi yang menyatakan bahwa tidur orang yang berpuasa termasuk ibadah, sehingga mereka bermalas-malasan. Padahal Nabi dan kaum Muslimin meraih kemenangan pada Perang Badar yang terjadi pada bulan Ramadhan. Begitu juga Shalahuddin Al-Ayyubi memenangkan pertempuran pada peperangan salib yang justru itu terjadi pada bulan Ramadhan.

Tidur yang bernilai ibadah itu adalah tidur yang diharapkan berfungsi untuk bisa memulihkan kondisi tubuhnya setelah beraktivitas. Bukan karena hobi bermalas-malasan. Bagaimana akan memperoleh berkah ( value added ) kalau cuma tiduran.

Hal lain yang sering dilakukan umat Muslim terhadap Al-Quran di bulan Ramadhan yaitu hanya sekedar membaca saja. Mereka merasa cukup dengan membaca karena sudah termasuk ibadah. Mereka menyebutnya tadarrus, padahal tadarus itu berarti mempelajari. Mempelajari kandungan isi Al-Quran akan mengantarkan seseorang untuk dapat mengamalkan ajaran-Nya. Mempelajarinya tentu tidak akan cukup dalam satu bulan. Tapi mempelajari Al-Quran itu bukan hanya wajib di bulan Ramadhan saja. Mereka banyak yang berbangga diri kalau sudah khatam pada bulan Ramadhan, walaupun tidak tahu apa isinya Al-Quran itu.

Semoga Ramadhan tahun ini lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya.

Sumber : http://www.facebook.com/note.php?note_id=248349418510196

Percayalah, Kamu Lebih Cantik Dengan Jilbab

Bismillahirrohmanirrohim……..

 

 

“Hai anak Adam, sesungguhnya Kami telah menurunkan kepadamu pakaian untuk menutupi auratmu dan pakaian indah untuk perhiasan. Dan pakaian taqwa itulah yang paling baik. Yang demikian itu adalah sebagian tanda-tanda kekuasaan Allah, mudah-mudahan mereka selalu ingat.”

 

(Qs. Al-A’raaf:26)

 

 

Ukhti-ukhtiku yang sangat aku sayangi, Uhibbuki Fillah ya ukhti… AIzinkan aku ingin menyampaikan sebuah pesan untukmu…

 

 

Tentang jilbab.. Dunia telah bersaksi, sejarah telah mengakui, bahkan peradaban tak memungkiri bahwa wanita berjilbab telah ada sejak dulu, mereka adalah wanita pandai, mandiri, dan berprestasi. Lihatlah para intelektual kampus, para pelajar Indonesia di luar negeri dan wanita-wanita segudang prestasi yang kebanyakan dari mereka para muslimah yang kecantikannya tersembunyi di balik jilbabnya..

 

 

Siapakah dulu diriku..?

 

kabari aku Tentang keindahan yang semu

 

Hingga aku berpaling asa Dari mutiara yang terpendam

 

Siapakah kini kabari aku Tentang mutiara yang nampak

 

Yang berkilau cahayanya Dibalik jeruji keimanannya

 

Dialah Wanita sholehah..yang menutupi tubuhnya dengan Jilbab !

 

 

Keraguan akan jilbab….Mungkin para akhwat banyak yang berpikiran seperti ini:” Bila diobral ria saja seorang wanita sulit ditengok peminat, apalagi ia menutup diri? Bila serba terbuka saja tak ada yang sudi berlabuh, apalagi mengunci mati?”

 

Memang butuh keyakinan tingkat tinggi untuk menembus batas ketidakmungkinan itu..

 

 

Mungkinkah seorang dungu dalam beragama bisa menutup aurat?

 

Mungkinkah menutup aurat ditengah komunitas anti jilbab?

 

Mungkinkah dengan rambut yang halus, kulit yang mulus, dan badan yang seksi harus tersembunyi di balik jilbab?

 

Mungkinkah tak rajin ibadah, bukan anak santri, mampu berjilbab dengan istiqamah? Mungkinkah.. ?

 

 

Jawabannya Ya, itu sangat mungkin sekali..!

 

Yang penting hatinya baik, akhlaknya baik, rajin ibadah, dan hatinya berjilbab.

 

 

Buat apa pakai jilbab kalau pacaran?

 

Buat apa pakai jilbab kalau akhlaknya rusak?

 

Buat apa pakai jilbab kalau suka ngomongin orang?

 

Buat apa…???

 

 

STOPPPP…!!!! Hentikan !!

 

Setidaknya salah satu kewajiban sebagai hamba Allah telah tertunaikan, dan yang lain mengenai akhlak, ibadah, status, itu urusan lain… bukan untuk saling melempar kekurangan.

 

 

Kalau engkau berpikir seperti itu, maka saya katakan:Lalu bagaimana dengan para lelaki?? Tanyalah pria sholeh di rumah sebelah, tanyalah lelaki gaul di kelas sebelah, tanyalah preman di pasar terdekat, tanyalah cowok keren di pojok kampus….

 

 

Tanyalah mereka semua, Bila harus memilih : Wanita taat, baik, dan salih atau Wanita gaul, yang cantik, dan seksi ?? Mereka pasti memilih wanita taat beribadah, yang kehormatannya terjaga.

 

 

Dan sedungu-dungu laki-laki, pasti merindukan wanita baik-baik. Hanya laki-laki yang bengal saja lebih memilih wanita nakal, itu karena keciutan nyalinya untuk mengejar wanita baik-baik. (Lihatlah surat An-Nuur ayat 26)

 

 

Ku persembahkan sebuah puisi untukmu ukhti..

 

 

Kutitipkan surgaku, dalam dekapan kasihmu sayang

 

Bawalah asmaku dalam doa kerinduanmu pada-Nya

 

Dekap erat diriku dalam ketaatanmu pada-Nya

 

Dan cintailah diriku atas dasar cinta kepada-Nya….~~

 

 

Saudariku, pernahkah kamu mengamati wanita2 cantik yang berjilbab dengan wanita2 cantik yang tidak berjilbab..?

 

Coba perhatikan dengan seksama…..Saya yakin wanita cantik yg berjilbab kecantikannya akan lebih terpancar drpd wanita cantik yg tidak berjilbab. Wanita cantik yg berjilbab akan terlihat lebih anggun dan bersinar drpd wanita cantik yg tidak berjilbab. Wanita cantik yg berjilbab ketika mereka berjalan akan lebih dihargai daripada wanita cantik yg tidak berjilbab..

 

 

Oke ukhtiku ini kesimpulannya: Percayalahhh..!!! Kecantikanmu takkan pudar hanya karena jilbab yang berkibar. Keseksian tubuhmu takkan surut hanya karena kamu berjilbab. Kemulusan dan keputihan kulitmu akan lebih terjaga karena jilbab. Dan cinta seorang hamba terhadapmu takkan mungkin terhalang oleh ribuan helai kain jilbab Saat cinta berlabuh, disanalah tangan Allah berperan..

 

 

Sekali lagi, KAMU JUSTRU CANTIK DENGAN JILBAB !!!

 

 

~~ AmbiL yg POSITIF buang yg NEGATIF ~~

 

Ciri-Ciri Ikhwan (cowok) Genit

1. Ikhwan genit akan bergaya dia paham agama tapi sebenarnya biasa-biasa saja.

 

2. Ikhwan genit jarang ke Masjid, ke Masjidnya pas jum’atan saja. Pas Jum’atan aja masih diselingi ngantuk, rame sendiri, dan sibuk dengan HP nya.

 

3.Ikhwan genit, akan menyingsingkan celananya alias menjadi sosok congklangers ( biar ga isbal ) di depan para akhwat sedang klo bertemu dengan cewek biasa diturunkan lagi celananya.

 

4.Ikhwan genit suka chating dengan akhwat, diskusi dengan hal-hal yang ga perlu, katanya segalah dakwah di dunia maya, tetapi yang diobrolkan jauh dari nilai esensi dakwah.

 

5.Ikhwan genit suka nelpon-nelpon akhwat tanpa agenda yang jelas, lama banget,n mendayu-dayu, padahal sms saja bisa.

 

6.Ikhwan genit, memanfaatkan amanah dakwah nya untuk kepentingan dirinya, dan menseleksi akhwat, menilai akhwat layak tidak untuk dirinya, sekufu tidak dengan dirinya,dan orientasi pribadi lainnya.

 

7.Ikhwan genit memanfaatkan kepandaiannya dalam skill tertentu untuk menarik akhwat, misal skill memperbaiki komputer,HP, pemrograman, buat blog (site) dan buat proposal atau kerja teknis lainnya.

 

8.Ikhwan genit berjalan suka jelalatan, klo ada akhwat yang melintas di depannya selalu memberi penilaian, “ akhwat ini 80, akhwat itu 70 … dsb”

 

9.Ikhwan genit, sok perhatian ke akhwat, mempunyai belas kasihan yang terlalu berlebihan, padahal biasa-biasa saja sebenarnya bisa.

 

10.Ikhwan genit, suka bercanda dan cair dengan akhwat, dan ga risih dengan syuro yang berhadap-hadapan.

 

11.Ikhwan genit suka sekali sms tausiyah padahal sebenarnya dia lagi kangen saja sama akhwat idolanya, menurut saya etika sms tausiyah,” sent to all”, ga ada spesifikasi untuk ikhwan/akhwat tertentu, atau untuk lebih berhati-hati ikhwan sms tausiyahnya ke ikhwan dan akhwat ke akhwat.

 

12. Ikhwan genit yang kebetulan mendapat amanah di kaderisasi, perhatian n sok campur tangan dengan kaderisasi akhwat, padahal jelas-jelas kaderisasi ikhwan dan akhwat benar-banar sesuatu yang terpisah, dan semuanya sudah ada yang ngurusin.

 

13.Ikhwan genit suka menjanjikan “ nikah “ kepada seorang akhwat padahal itu masih lama banget menikahnya alias ngetek duluan, n yang terjadi akhirnya adalah back street.. wew parah!!

 

14.Ikhwan genit suka koleksi foto akhwat, dan suka menge-crop foto akhwat yang jadi idolanya, dan lebih gila lagi, menjadikannya background atau screen servernya di komputernya atau laptopnya.

 

15.Ikhwan genit suka koleksi teman-teman akhwat dengan FS, YM, dan sok perhatian ngasih komen di FS nya.

 

16.Ikhwan genit ga suka kajian, tapi seneng beli buku, padahal bukunya juga ga di baca.

 

17.Ikhwan genit suka jalan-jalan di Sunday morning dan melotot lihat akhwat cantik, n ga bisa Godhul bashor,ayo ikhwan tundukkan pandanganmu, biar kami bisa leluasa kalau harus berjalan di depanmu.

 

“Katakanlah kepada orang laki-laki yang beriman: “Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan memelihara kemaluannya; yang demikian itu adalah lebih suci bagi mereka, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang mereka perbuat”. Katakanlah kepada wanita yang beriman: “Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan memelihara kemaluannya, … (QS.An-Nuur[24]:30-31)

 

18. Ikhwan genit dalam obrolan teman sesamanya yang dibicarakan selalu seputar akhwat, minim membahas ilmu dien, dan strategi dakwah.

 

19.Ikhwan genit sering berkunjung ke tempat akhwat, banyak sekali alasannya, entah mau pinjem buku, mau ngantar sesuatu, atau apalah tanpa ada alasan yang jelas.

 

20.Ikhwan genit suka tertawa terbahak-bahak ga karuan kalau lagi berkumpul sesamanya, padahal kelihatannya antheng & alim banget pas di depan akhwat & pas syuro’.

 

 

Jadi ikhwan jangan genit..!!

status tiap menit ganti,

yang dibahas tentang isi hati.

Buka-bukaan ngincer ci wati,

nunjukin diri lg patah hati.

Minta di komen agar tidak bunuh diri,

weleh-weleh ko nulis status bikin ruhiyah mati.

 

Jadi ikhwan jangan lebay lah!

tujuan dakwah bukan amanah, tapi cari aminah

aminah dapat pingin walimah

padahal belum punya ma’isyah.

akhirnya dakwahnya hilang dihutan antah barantah..

 

Hayoo merasa ikhwan kaya gini siapa hayoo… Haha

 

GIRLs… BEWARE..!!!!

 

Menutup Diri, Membuka Hati

Lagi, siang ini otakku kembali dipenuhi aliran kata yang hendak tumpah dalam kertas maya. Bercerita tentang sesosok muslimah dalam pencariannya.

Kurang lebih tiga tahun lalu seorang gadis mulai memantapkan diri untuk menutup aurot sesuai dengan nadzarnya.

Berat memang, awalnya.

Ia merasa berat karena  harus meninggalkan pakaian-pakaian “Pendek” yang biasa ia pakai dalam kesehariannya.

Ia merasa berat karena rambut yang biasa dihias dengan pita-pita cantik nan lucu harus ditutupi dengan selembar kain yang menutupi helaian rambutnya.

Ia merasa berat harus berpenampilan layaknya seorang muslimah yang berjilbab yang biasanya sudah paham masalah agamanya.

Ia merasa berat karena takut teman-temannya menjauhi dirinya.

hingga akhirnya, ia mulai “terpaksa” untuk menjalankan nadzarnya itu.

Hari demi hari terasa sama saja dengan hari-hari dimana ia belum berhijab.

Entah, apa yang membuatnya merasa tidak nyaman dengan pergaulannya yang masih “tak terbatas” itu.

Kegelisahan nya membuat ia mencari, apa sebenaranya yang hendak dicapai dalam hidup ini?

Hingga suatu hari, ia bertemu seorang sahabat, sholehah, yang mendampingi dirinya dalam pencarian itu.

Saat pencariannya ia mulai gemar membaca buku, buku pertamanya “Jilbab itu keren”.

Seketika saat mengkhatamkan buku itu, ia mulai mengetahui bagaimana syariat islam mengatur bagaimana seseorang harus berhijab yang sesuai syariat.

Perlahan mulailah ia merubah penampilannya..

Memakai jilbab yang tidak tipis, tidak ketat, menutupi dada, bahkan ia mencoba menggunakan rok dan kaos kaki untuk menutupi aurotnya..

Ia merasa nyaman dengan semua itu, mulailah babak kedua perjalanan pencarian jati dirinya itu..

Buku kedua yang menggetarkan hatinya adalah “Ayat-Ayat Cinta” sebuah karya yang memperlihatkan bagaimana keidahan islam, bagaimana Islam mengajarkan interaksi antara laki-laki dan wanita, bagaimana seharusnya pernikahan dalam islam. Dan keingintahuannya semakin menggejolak, ia mulai melahap buku-buku yang menambah pengetahuannya, ia mulai aktif mengikuti kajian di lingkungannya, hingga akhirnya hidayah itu diterimanya.

Ia kembali teringat saat ia berat meninggalkan pakaian-pakaian “pendek” serta berat untuk menutupi aurotnya.

Sesekali ia tersenyum, Sungguh indah celupan dari Alloh yang kembali mewarnai hari-hari barunya.

“Siapa yang lebih baik sibgah(celupan)nya daripada Alloh”?

Sebuah tulisan dari dinding maya terpampang di halaman rumahnya,

 

dear muslimah,…

 

Adakah seorang wanita yang kehilangan kecantikannya hanya karna ia berhijab???

sesungguhnya setiap jengkal dari kita adalah aurat yang memunculkan angan yang berbeda bagi tiap yang memandang.

 

Patut disyukuri bagi seorang akhwat yg dengan ikhlas menutupi dirinya, menjaga diri dan kesuciannya hanya untuk suami mereka karena Allah.

 

Ingatkah kita pada wanita2 suci pendahulu kita?

Khadijah, Maryam, Aisyah,Fatimah dan lainnya..

mereka menjadi wanita mulia karena menjaga diri dg hijab, menjaga hati dg akhlak, iman dan taqwa.

Maka wajar jika surga Allah adalah hadiah bagi mereka.

 

Ketika ditanya, apakah kita mau masuk surga?

Pasti tak ada yang menolaknya.

Tapi jika kita mau ke surga, coba renungkan…

sudahkan kita spt khadijah dan wanita suci lainnya yg slalu berbuat untuk izzah(kemualiaan) kita???

 

Pesona Cleopatra bisa pudar…

tapi..

Pesona ahlul hijab, tidak akan luntur sepanjang zaman

sebab ia selalu memancarkan aura cahaya kesucian yang tak kan pernah padam…

 

 

Bahaya Minuman Berenergi Bagi Anak-Anak

Menurut para Dokter mengatakan bahwa seharusnya orang tua jangan memberi anak-anak mereka minumam berenergi,karena kandungan tingkat kofiennya sangat berbahaya. Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Paediatrics menemukan minuman berenergi mengandung hingga 14 kali lebih banyak kafein dari minuman ringan lainnya. Maka, kandungan ini bisa dianggap sebagai ‘racun’ untuk anak-anak. Peringatan terhadap minuman berenergi dan olahraga menyatakan bahwa mereka mengandung kalori ekstra yang kebanyakan tidak dapat dibakar . Minuman berenergi juga mengandung gula yang dapat menyebabkan kerusakan gigi. Mereka meminta orang tua untuk lebih memberikan air putih pada anak-anak mereka. Air putih diklaim sebagai minuman terbaik untuk sebagian besar anak-anak yang melakukan aktivitas fisik rutin. Minuman berenergi mengandung stimulan, termasuk kafein yang dikaitkan dengan diabetes, masalah jantung, masalah perilaku, dan bahkan kematian dini. Minuman olahraga mengandung karbohidrat, mineral, dan elektrolit, serta dirancang untuk menggantikan air dan elektrolit yang hilang melalui keringat. Penelitian itu mengkritik iklan yang mendorong anak muda untuk percaya bahwa minuman berenergi dapat membantu mereka mencapai puncak kinerja fisik. Merek minuman energi yang disorot dalam laporan itu termasuk Red Bull, Monster dan Rockstar. Adapun minuman olahraga yang disebut adalah All Sport, Gatorade dan Powerade. Dr Holly Benjamin, penulis utama laporan dan dokter di Rumah Sakit Anak Comer yang merupakan bagian dari University of Chicago, mengatakan kepada Independen, “Minuman olahraga mengandung kalori ekstra yang tidak diperlukan anak-anak dan dapat memberikan kontribusi untuk obesitas dan kerusakan gigi.” Para ahli menyerukan produsen untuk membuat perbedaan jelas antara minuman berenergi dan minuman olahraga. Dr Marcie Beth Schneider, penulis dan anggota Komite Nutrisi American Academy of Paediatrics mengatakan, “Beberapa anak minum minuman berenergi yang mengandung sejumlah besar kafein, padahal tujuan mereka adalah hanya untuk rehabilitasi setelah latihan. “Hal ini berarti mereka menelan sejumlah besar kafein dan stimulan lainnya yang bisa berbahaya.” Dia mengatakan beberapa minuman berenergi dapat memiliki lebih dari 500mg kafein, setara dengan 14 kaleng soda. Penelitian mengatakan minuman olahraga dapat mengandung 10-70 kalori per porsi dan minuman energi hingga 270 kalori.

sumber : http://www.tempointeraktif.com

Fakta Anak Idola Cilik

Berikut fakta-fakta tentang anak2 IC :

*Obiet itu jago main alat-alat musik
*Obiet itu ranking 4 di sekolahnya dan rata-rata ujiannya 9

*Alvin gak pengen jd penyanyi, pegennya jadi pemain bola (kalo baca bobo edisi akhir april kemaren pasti tau.. padahal sayang banget! tampang oke, suara juga bagus)

*Nyopon udah bisa ngafalin lagu dari umur 3 tahun

*Anak IC yang paling tua itu sion sama siti (1995 lahirnya)

*Obiet ama Rio itu lebih tua Rio loh… (beda satu tahun)

*Rio itu anak yang manja banget

*Rio, Alvin, Ozy sering ngejailin Lintar mungkin karena Lintar yang paling muda kali ya?

*Lintar takut ke kamar mandi sendiri

*Alvin sama Rio pernah ngunci Lintar di kamar mandi sendirian

*Ozy itu narsis banget kalo depan cermin

*Deva udah nguasain 4 tarian bali. Pernah dipentaskan sampai ke Jepang (pas kelas 3 SD, pertukaran pelajar) sama Australia

*Papinya Lintar seorang pemain organ.

*Nyopon paling deket sama Keke. katanya, keke itu orangnya baik, gak suka jelek-jelekin temen, trus sering ngebantuin kalau ngafalin lagu. Pas Keke tinggal kelas, dia nangis

*Rio suka makan chitato dan gak pernah nolak kalo di kasih, tapi pelit banget kalau dimintain chitatonya

*Rio selalu pake jam tangan warna hitam (kadang-kadang biru) di tangan kanannya dan gelang di tangan kiri setiap kali manggung (kalau gak percaya peratiin aja)

*Rio dan Dea suka ngoleksi gelang

*Rio selalu pake kalung yang bandulnya cincin pemberian dari kakaknya

*Rio suka KFC

*Rio paling suka renang dan bulutangkis (katanya gak bisa berenang? nah lo…)

*Rio itu anaknya cemburuan dan gak suka diduain (katanya belum pacaran, soalnya masih kecil?)

*Rio itu usil dan suka ngerjain orang tapi kalo di kerjain balik dia ngambek (haha, untung bukan alvin)

*Rio suka gangguin Alvin begitu pun sebaliknya

*Rio paling dekat dengan kak Ucie

*Kak Ucie dijuluki BUBAY = Ibu Lebay

*Angel dijuluki NONBAY = Nona Lebay

*Rio dijuluki PUPBAY (ga tau artinya apa)

*Alvin pernah dapet rangking 22 di kelasnya, tapi ia berhasil memperbaikinya

*Rio sangat nge-fans sama Agni dan Debo

*Rio suaranya tetap prima karena suka makan telur bebek (gatau ayam lupa lagi ..) ditambah madu (enak gak sih?)

*Hadiah dari fansnya Alvin menurut alvin yang paling berharga adalah
Bola Euro asli.

*saat pengumuman ke 3 besar antara Nova dan Alvin Rio cemas sekali kalau
alvin tinggal kelas

*Lintar ngefans dengan Irsyad dan Obiet ic2.

*Gabriel pernah ngegombalin Agni dan Aren (aib)

*Debo punya motor sendiri (kayak motor balap) diberi plat namanya sendiri.

*Lintar bisa main gitar menggunakan tangan kiri

*Debo bisa memainkan beberapa alat musik seperti drum dan gitar

*Debo mahir menyanyi lagu dangdut karena mamangnya yang mengajarinya.

*Rio suka gigit jarinya (liat aja di fotonya banyak yang lagi gigit jari)

* Saat audisi Ozy sempat kabur meninggalkan orang tuanya di sengkang buat ikut audisi ICIL 3 di Makkasar
bersama tantenya.

*Bulan Juni Patton mau ikut Olimpiade menyanyi dan bahasa di Turki !

*Lintar suka makan ikan asin dan sambel
*Lintar sempat menjuarai berbagai festival menyanyi yang di selenggarakan di kampung halamannya sampai berhasil mengumpulkan tak kurang 30 piala di
bidang menyanyi

*Lintar dpt beasiswa dari sekolahnya karena bakat menyanyinya itu (sebelum masuk icil, tau dari kak okky. semoga gak salah denger…)

*Denger-denger katanya Rio jago nyomblangin orang, trus adminnya RISE pernah dicomblangin

*Rio pernah kepleset di pinggiran kolam renang

*Gabriel suka banget nonton OVJ dan gak pernah bolos nonton OVJ

*Gabriel di julukin Raja Jail

*Deva paling takut dicubit

*Olivia paling suka dipangku

*Olivia gak bisa tanda tangan

*Nyopon gak mau diliatin kalo lagi tanda tangan

*Acha sering senyam-senyum sendiri kayak orang gila kalau ada yang bicarain Ozy (ciiieeeeee)

*Rio susah makan

*Rio suka ngemil sama suka buah anggur

*Olivia itu penakut

*Dea paling suka boneka

*Keke suka kelinci sama warna ungu (cliquers euy, hahhahahaha)

*Ayah Keke itu nahkoda kapal tanker

*Sivia males buka FB

*Gak ada yg berani ngeladenin ngambeknya Alvin, bahkan salah 1 crew icil aja pernah kena protes sama Ozy karena dia gak berani marahan sama Alvin yang telat bangun. Katanya
kalo ada yang berani buat Alvin ngambek siap-siap aja kena tonjok, biasanya yang kena tuh Lintar, tapi abis itu mereka akur lagi..

*Rio pernah ngetawain om Dave nyanyi

*Ozy anaknya usil dan paling sering berantem sama Lintar

*Alvin pernah bilang kalo ada yang berani sama adik-adiknya bakal berurusan sama dia (adiknya maksudnya
Deva sama Ray)

*Daud itu care banget sama Alvin, waktu di hotel sendal Alvin putus, Daud kasih sendalnya buat Alvin.

*Nova nge-fans banget sama Agnes monica, paling suka lagu ‘matahari’

*kalo Iel udah main game seru banget, dan gak akan ada yang bisa ganggu dia.

*Nem Iel adalah 27,25
(MTK : 9, B. Indo : 9, dan IPA : 9,25)

*Iel bisa main bass, drum, gitar sama keyboard

*Iel itu suka ngelawak, kocak dan bisa sulap (walaupun gak jago) dan dewasa

*kadang Iel itu masih sering ngemut jempol kalo lagi tidur
(aib ini)

*Iel tiap hari makin meningkat kenarsisannya (menurut kak Okky)

*sekarang Gabriel sahabatan sama Alvin !

*Kiki pernah mau dibeliin PS3 sama fansnya, tapi Kikinya gak mau (sayang banget)

*waktu IC1 Riko, Ify, Zahra, sama Sivia bikin geng usil

*Alvin selalu bawa rubiks nya kemana-mana

*Nomor induk siswanya alvin : 9978356710 di situ tertulis namanya Alvyn jonathan sindhunata

*Ray anak bungsu dari 3 bersaudara.. kedua kakak memiliki inisial nama R (Rangga dan Rivera), dan mama dan papanya juga sama-sama memilki nama berawalan R (mama Ritha, papa Rian)… R family

*Zevanna suka main pet society di FB

*Rizky itu sering ngutak-ngatik hape orang (galeri, inbox, list kontak)

*Rizky bisa nyamain suara upin ipin persis banget

*Acha kalo kepanasan pipinya memerah (sama kayak penulis)

*Alvin suka lari kalo ada yang minta foto

*Alvin phobia jenazah

*Nova penyayang binatang terutama kucing, tapi gk punya kucing

*Pas anak-anak icil ke dufan daud nangis pas naik tornado. Dia duduknya di samping alvin, tiba-tiba daud nangis. Alvin
celingak-celinguk kemana-mana

*Lintar Pernah suka sama nova

* Lintar pernah bikin lagu untuk ayahnya

*Lintar kangen banget sama ayahnya

*Lintar anaknya penyanyang

*Cakka hebat banget banget main basket dan gitar

*Iel doyan banget main Ps.

*Iel sayang banget sama adiknya (tania)

*Iel punya boyband namanya STAR5

*Ray pernah pacaran sama kesha

sekian fakta2nya, bagi iclovers yg ngeliat post ini comment yyyyaaaaaaaaaaaaa

sumber : http://indriinfo.blogspot.com/2010/05/fakta-tentang-anak-anak-idola-cilik-1-3.html

Post Navigation

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.